Aksi Nyata Desiminasi Budaya Positif dalam meningkatkan lingkungan belajar yang dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia

 

Aksi Nyata Desiminasi Budaya Positif dalam meningkatkan lingkungan belajar  yang dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia

Irpan, S.Pd


Sumber : Dokumentasi Pribadi

Dalam menciptakan suatu lingkungan positif di suatu lingkungan dibutuhkan sebuah tindakan nyata yang dibangun mulai dari diri sendiri. Dalam hal ini, paling tidak guru penggerak melaksanakan dua peran yaitu menjadi coach bagi guru lain dan mendorong kolaborasi antar guru.  Untuk membentuk budaya positif, langkah yang harus kita lakukan pertama kali adalah mewujudkan disiplin positif dan menanamkan nilai-nilai kebajikan universal.  Menurut Ariyanti (2017) dalam artikelnya yang berjudul “Membangun Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui 6 Kebajikan Positif Universal”, 6 kebajikan positif Universal yang bisa kita aktualisasikan di pendidikan sekolah yaitu (1) Kebijaksanaan - kekuatan untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan; (2) Keberanian - kekuatan untuk mencapai tujuan dalam menghadapi oposisi; (3) Kemanusiaan dan Cinta - kekuatan untuk berteman dan cenderung pada orang lain; (4) Keadilan - kekuatan yang membangun masyarakat; (5) Temperance - kekuatan yang melindungi dari kelebihan; (6) Transendensi - kekuatan yang menghubungkan kita ke alam semesta yang lebih besar. Selain itu, untuk mewujudkan budaya positif dilingkungan pendidikan yaitu kita sebagai pendidik harus bisa memahami teori kontrol/pilihan. Dalam teori kontrol paling tidak ada 3 hal yang harus kita perhatikan yaitu teori motivasi, bahwa kita sebagai pendidik harus memicu timbulnya motivasi intrinsik. 5 Posisi kontrol, dan 5 kebutuhan dasar manusia yaitu bertahan hidup, penguasaan, kasih sayang dan rasa diterima, kesenangan, dan kebebasan. 



Share this:

 
Copyright © Praktik Baik Guru Inspiratif . Designed by OddThemes