Lembar Kerja Perencanaan Usaha

LEMBAR KERJA
Tujuan :
Siswa dapat menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati meliputi Ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran.
Uraian singkat
Seorang wirausahawan harus dapat memanfaatkan peluang usaha secara sistematis dimulai dari analisis sumber-sumber peluang usaha secara luas. Persiapan yang dapat kalian lakukan dalam menganalisis peluang usaha sebagai berikut.
a. Meneliti berapa luas usaha yang akan dipilih.
b. Bentuk usaha apa yang akan dipilih.
c. Jenis usaha apa yang akan ditekuni.
d. Informasi usaha yang akan diterima.
e. Ada atau tidaknya peta usaha yang menguntungkan.
Setelah mengidentifikasi peluang usaha, seorang wirausaha memilih jenis usaha  produk pengolahan. Proses pemilihan ini melalui tahapan analisis yang cermat. Untuk itu diperlukan pertimbangan yang matang, biasanya disebut evaluasi dengan kriteria yang telah dikembangkan sesuai kebutuhan.
Menganalisis peluang usaha pada produk pengolaan makanan awetan dimaksudkan untuk menemukan peluang dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan, serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia dan berapa lama usaha tersebut dapat bertahan. Ancaman dan peluang selalu menyertai suatu usaha sehingga penting untuk melihat dan memantau perubahan lingkungan dan kemampuan adaptasi dari suatu usaha agar dapat tumbuh dan bertahan dalam persaingan. Pemetaan potensi usaha produk pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani dapat didasarkan pada ciri khas dari masing-masing daerah. Pemetaan potensi menjadi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah. Terdapat beberapa cara atau metode dalam melakuan pemetaan potensi usaha, baik secara kuantitaif maupun kualitatif.
Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat) adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis ini didahului oleh proses identifikasi faktor eksternal dan internal untuk menentukan strategi terbaik, kemudian dilakukan pembobotan terhadap tiap unsur SWOT berdasarkan tingkat  kepentingan. Strenght adalah kekuatan, Weakness adalah kelemahan, Opportunity adalah peluang, dan Threat adalah ancaman.

Kegiatan !
1.      Silahkan kalian berdiskusi secara kelompok, mendiskusikan tentang  perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati dalam bentuk proposal usaha  dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Menentukan ide dan peluang usaha serta analisis peluang usaha
b.      Menentukan sumber daya yang dibutuhkan
c.       Menentukan administrasi dan pemasaran produk
2.      Kemudian kalian presentasikan hasil kerja kalian di depan kelas !

PROJECT PERENCANAAN USAHA PENGOLAHAN MAKANAN AWETAN DARI BAHAN PANGAN NABATI

Kelompok       :
Anggota          :





Ide Usaha Pengolahan :……………………………………………………

I.                   Latar Belakang

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

II.                Analisa Peluang Usaha
Strenght (Kekuatan) :






Weakness (Kelemahan):


                                                                  
Opportunity (Peluang) :







Threat (Ancaman) :
III.             Sumber daya yang dibutuhkan (Tuliskan jumlah karyawan (jika perlu), mesin/alat produksi, bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah-langkah pembuatan)
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

IV.             Administrasi usaha (Tuliskan struktur organisasi dalam usaha, rencana anggaran yang dibutuhkan, dan pengelolaan usahanya)
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

V.                Rencana Pemasaran (Tentukan jenis pemasaran yang akan dilakukan, dan strategi pemasarannya).
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

VI.             Penutup
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..












Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*deV
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL PKWU KELAS XI

KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN