Strategi promosi usaha kerajinan limbah bangun ruang

10 Cara Jitu untuk Melakukan Promosi Usaha

Sebuah bisnis tentunya memerlukan promosi sebagai media pemasarannya karena tanpa adanya promosi usaha sulit untuk bisnis dikenal oleh konsumen. Bukan hanya itu, promosi usaha kini pun sangat berguna sebagai sarana engagement dengan konsumen sehingga dampak yang diperoleh lebih panjang. Bahkan karena alasan ini promosi usaha sudah menjadi hal yang sangat wajib dilakukan bahkan ketika bisnis telah berkembang.
Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa promosi dan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja sebagai pemilik bisnis Anda tidak ingin jika biaya yang dikeluarkan cukup banyak menuai hasil yang tidak efektif. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih cara promosi apa yang memang sesuai dengan brand Anda sehingga hasilnya optimal. Berikut 10 cara jitu yang bisa dijadikan referensi ketikan melakukan promosi.

1. Diskon

Diskon selalu jadi jurus andalan pemilik bisnis untuk menarik pembeli. Sebagian besar konsumen biasanya akan memutuskan untuk membeli ketika melihat label potongan harga tertera di produk Anda. Jenis-jenis diskon yang bisa diterapkan cukup banyak. Bisa dalam bentu potongan harga, mendapatkan produk gratis untuk pembelian dalam jumlah tertentu, diskon khusus untuk profesi tertentu, diskon melalui kode voucher, diskon ongkos kirim dan lain sebagainya.
Namun dalam penerapan diskon tidak boleh gegabah. Sesuaikan dengan jenis produk, keuntungan yang ingin dicapai dan kemampuan modal Anda. Jangan sampai diskon ini yang justru menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

2. Menggunakan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu media paling efektif untuk melakukan promosi karena hampir semua orang menggunakan akun media sosial di kehidupan sehari-hari. Unggahan Anda tentang produk dan promosi di media sosial dapat diakses oleh ribuan orang, baik lokal hingga internasional. Jangkauan yang luas ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu tinggi karna pemakaian media sosial memang tidak dipungut biaya.
Selain itu, promosi di media sosial tidak hanya tentang menjual, tetapi juga dapat membantu branding dan membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan di media sosial. Strategi ini membuat loyalitas konsumen lebih bertahan lama.

3. Memanfaatkan Momentum

Manfaatkan momen-momen seperti perayaan hari raya idul fitri, natal, hari sumpah pemuda, hari ulang tahun dan lain sebagainya. Berikan penawaran terbaik atau harga terbaik ketika hari-hari seperti ini datang. Atau bisa juga dengan mengonsep produk Anda sesuai dengan momen yang sedang dirayakan. Pada hari-hari besar seperti ini, orang-orang biasanya berbondong-bondong mencari barang yang akan menggambarkan momen yang mereka rayakan.
Mereka bisa saja berbelanja dengan jumlah yang sangat banyak, jadi tidak terlalu merugikan jika Anda memberikan harga yang lebih miring. Ini justru akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli di tempat Anda daripada ke tempat lain dengan produk yang sama.

4. Menjadi Sponsor

Saat ini banyak sekali event-event yang diadakan oleh berbagai pihak baik itu sekolah, kampus, perusahaan, instansi, event organizer tertentu dan lain sebagainya. Biasanya, penyelenggara membutuhkan sponsor untuk mendukung event tersebut. Anda dapat memanfaatkan event ini sebagai wadah promosi dengan berpartisipasi menjadi sponsor.
Dengan menjadi sponsor, Anda dapat membuat brand Anda lebih dikenal dengan memberikan produk sebagai doorprize atau memasang booth pada event tersebut. Keuntungan lainnya adalah MC biasanya akan membacakan nama-nama sponsor bahkan hingga berulang kali.

5. Membuka Kesempatan Menjadi Reseller dan Dropshipper

Para reseller dan dropshipper dapat menjadi pihak-pihak yang ampuh dalam mempromosikan brand Anda. Keduanya akan menjadi perpanjangan tangan yang membuat Anda menjual produk lebih cepat. Dengan adanya reseller dan dropshipper, Anda pun dapat mempromosikan dan menjual produk bahkan ke daerah yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Namun untuk reseller dan dropshipper akan ada harga khusus yang tentunya lebih rendah.

6. Membuat Giveaway

Hampir semua orang menyukai hadiah. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan hadiah sebagai sarana untuk menarik konsumen. Agar lebih efektif untuk promosi, sebaiknya tidak memberikan hadiah secara cuma-cuma. Anda bisa memberikannya melalui program give away.
Bisa dengan menjawab pertanyaan, mengikuti kontes, mempromosikan brand Anda, membagikan posting-an Anda di media sosial dan lainnya. Cara ini tidak hanya menarik konsumen tetapi dapat juga menaikkan engagement brand Anda.

7. Membuat Iklan di Tempat yang Tidak Biasa

Orang-orang akan lebih memperhatikan jika Anda berbuat sesuatu yang berbeda dibanding yang ada sebelumnya. Begitu pun dengan posisi. Orang akan lebih memperhatikan iklan Anda jika diletakkan di tempat yang tidak biasa. Namun tempat yang tidak biasa ini pun diusahakan tidak tersembunyi dan bisa diakses oleh orang banyak.
Jika iklan biasanya di tempatkan di televisi, koran, majalah dan media lainnya, maka cobalah hal berbeda. Anda bisa membuat iklan Anda terlihat di pegangan bus, di aspal trotoar, di pintu masuk ruangan, di tangga dan lain sebagainya.

8. Bergabung dalam Komunitas

Bergabunglah dengan konsumen Anda dengan memasuki komunitas-komunitas mereka. Komunitas biasanya berisi orang-orang dengan pemahaman, hobi, kesukaan dan konsen yang sama. Ketika Anda memasuki komunitas yang sesuai dengan brand, Anda bisa mendapatkan banyak calon konsumen sekaligus. Selain itu, mengikuti kegiatan di dalam komunitas membuat Anda mengerti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh calon konsumen sehingga Anda dapat menyesuaikan produk Anda dengan preferensi itu.

9.Memberikan Pengetahuan

Saat ini banyak sekali akun-akun media sosial sebuah brand yang justru lebih banyak berbagi pegetahuan dan menjadi wadah sharing mengenai berbagai masalah dibanding melakukan promo. Anda mungkin merasa ini buang-buang waktu, namun ternyata ini menjadi sebuah cara yang efektif. Dengan berbagi kepada mereka akan merasa lebih dekat dengan brand Anda dan itu berlangsung jangka panjang. Kedekatan ini yang membuat apapun bahasa promo Anda akan lebih mudah diterima.

10. Strategi Word of Mouth

Promosi paling efektif saat ini yang dapat dilakukan adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi kepada konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada orang lain lagi. Dengan begitu, informasi mengenai usaha Anda akan tersebar di pasaran.
sumber dari : www.jurnal.id

bagaimana dengan rencana promosi ?
setiap orang tentu akan memiliki planning masing-masing dalam promosinya, karena jenis promosi itu juga harus disesuaikan dengan produk yang dibuat, bagaimana jika produknya sebuah kerajinan ?

5 Macam-Macam Media Promosi Paling Umum

Jika Anda memiliki usaha yang mengharuskan melakukan promosi, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa macam media promosi di bawah ini.

Media internet

Media promosi terkinin yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan media internet. Untuk melakukan promosi menggunakan media ini, Anda bisa menggunakan media sosial seperti website, WA, BBM, Facebook maupun Instagram.
Untuk melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu memposting foto produk yang akan anda pasarkan di website ataupun media sosial lainnya. cara melakukan promosi dengan menggunakan media internet cukup mudah dan Anda tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal.

Brosur

Media promosi yang pertama adalah brosur. Brosur dicetak dalam jumlah banyak dan dengan kualitas yang bagus. Selain itu, brosur juga bisa diterbitkan secara tidak berkala pada kesempatan tertentu jika dibutuhkan.
Sebagai contoh apabila mengadakan suatu event tertentu, maka media promosi yang paling praktis untuk menarik masyarakat adalah menggunakan brosur. Brosur yang terdiri dari lembaran satu muka ataupun bolak balik dan memiliki lipatan, biasa disebut dengan leaflet.

Poster

Poster merupakan salah satu sarana yang digunakan untk melakukan promosi yang paling umum digunakan dan banyak dijumpai di tempat-tempat umum yang strategis. Dengan ukuran yang relative besar, poster sangat berpotensi menarik perhatian pembaca yang mengarah pada pesan merek. Agar lebih banyak dilihat, poster harus didesain semenarik mungkin.
Baca juga tentang Eva Mulia.

Banner

Banner biasanya dicetak dalam ukuran yang besar dan dipasang pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang. Bentuk dan teknik pemasangan banner juga bervariasi. Agar mudah dipindahkan, biasanya banner dipasang pada rangka yang berbentuk X. Banner ini dikenal dengan istilah X-banner.

Televisi

Televisi adalah sarana untuk melakukan promosi yang paling banyak menarik banyak pelanggan. Media promosi yang satu ini bisa menampung banyak iklan.
Namun, karena pembuatan iklan di televisi membutuhkan banyak waktu maka biaya untuk melakukan promosi di televisi juga sangat mahal. Selain itu, durasi iklannya juga maksimal hanya 1 menit, hal itu dikarenakan karena pengiklanannya harus bergantian dengan iklan-iklan yang lain.

Merchandise

Selain media promosi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi sebenarnya media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. Kreativitas dan ketepatan segmen pasar menjadi kuncinya. Berikut ini berbagai promotion item yang juga lazim digunakan sebagai merchandise:
  • calendar
  • mug
  • topi
  • gantungan kunci
  • mousepad / tatakan mouse
  • buku / notes / agenda
  • bolpoin / alat tulis lainnya
  • payung
  • goody bag
  • tote bag
  • bantal
  • flash disk USB
  • t-shirt / polo shirt
  • magnet kulkas
  • botol minum / tumbler
  • gelang / kalung dll
  • sticker

Dari macam-macam media promosi di atas, manakah media yang sering Anda gunakan? Sebelum melakukan promosi, akan lebih baik jika Anda memperhitungkan budget yang dimiliki agar tidak terjadi pembengkakan dana dan tidak merugikan Anda sendiri. Baca juga tentang manfaat media sosial. (mgt-logistik.com)

Komentar

  1. Makasih pak materi nya, materi ini mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  2. Isinya lengkap dan juga mudah difahami.
    Menambah wawasan saya tentang media promosi dan cara mempromosikan suatu produk dengan baik.

    BalasHapus
  3. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL PKWU KELAS XI

KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

Lembar Kerja Perencanaan Usaha