MODUL PKWU KELAS XI

MODUL PKWU KERAJINAN
KELAS XI SEMESTER GANJIL

Disusun oleh : Indriani Tri Kusuma Wardhani, S.Kom

SKL         : Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
Kompetensi Dasar
3.1    Memahami perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi  ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
4.1    Menyusun perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi  ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

Lingkup Materi
·     Ide Dan Peluang Usaha
·     Analisa Peluang Usaha
·     Sumber Daya Yang Di Butuhkan
·     Administrasi Dan Pemasaran
·     Komponen Perencanaan Usaha
·     Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha

A.     Ide dan Peluang Usaha
Ide bisnis didapat dari inspirasi, inspirasi didapat dari kesulitan yang datang bertubi-tubi, dimana banyak orang yang mungkin tidak mendapatkan solusi untuk pemecahannya namun sebaliknya akan menyebabkan peluang bagi orang yang bisa membaca situasi tersebut sebagai peluang bisnis atau peluang usaha. Peluang usaha yang dimaksud adalah peluang usaha yang prospektif sehingga bisnis yang dijalankan dapat menjadi sebuah industri.

Ada 3 teori yang bisa digunakan untuk mendapatkan peluang ;
a.         Teori Ketidaksempurnaan
          Berasal dari ketidakpuasan melihat hal-hal yang sudah mapan sehingga akan mendorong untuk mencoba ide baru, tidak ada kata puas karena merasa belum sempurna. Rasa puas yang didapat akan menghentikan proses perubahan, pertumbuhan dan perkembangan.
b.         Teori Berpikir Kreatif
          Berawal dari posisi yang berbeda yang menyebabkan pandangan orang terhadap sesuatu pun menjadi berbeda sehingga muncul perbedaan pikiran. Perbedaan pikiran yang tidak mengikuti pola pikir atau kebiasaan yang rutin akan menyebabkan seseorang ingin selalu bekerja keras dan tidak mudah puas.
          Selalu bertanya mengapa dan berpikir tidak ada yang tidak mungkin, tidak mau sebagai subyek namun sebagai obyek. Pengetahuan 1 %, Imagination 99%.
c.          Teori Inovasi
          Menjadikan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, memiirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang bertujuan untuk menambah atau menciptakan nilai manfaat dari benda yang sudah ada.



B.     Analisa Peluang Usaha

a.      Analisa kebutuhan pasar
          Anda memiliki konsep(rencana), namun sebelum memulai konsep tersebut, Anda harus tahu apakah konsep Anda memenuhi syarat kebutuhan pasar. Contoh konsep jasa pengetikan, target pelajar, mahasiswa.
b.      Analisa kebutuhan materi
          Jika konsep usaha Anda sudah tepat dengan kebutuhan pasar. Apakah Materi dari usaha Anda dapat diperoleh dengan mudah, mencakup bahan baku, tempat, harga, dll.
c.      Analisa keberlanjutan usaha
          Syarat a dan b sudah terpenuhi, namun Anda harus merancang dan memperkirakan apakah ke depan usaha yang kita jalankan akan berjalan dengan lancar atau perlu inovasi.
d.         Analisa persaingan
          Setiap usaha tidak lepas dari persaingan sehingga dengan adanya persaingan kita dapat menentukan harga jual, menentukan fasilitas dan pelayanan, menambahkan inovasi baru dalam usaha.
e.         Analisa pendapatan dan pengembangan
          Setiap usaha tentunya yang ingin dituju adalah pendapatan. Sehingga harus diperkirakan BEP yang akan didapat pada pendapatan ke berapa.
f.          Analisa pengembangan usaha.

C.     Sumber Daya Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Kegiatan Produksi

Pengelolaan sumber daya usaha dikenal dengan istilah 6M + 1I,  yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar).
·           MAN (manusia)
          Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi selain tanah, modal, dan keterampilan. Pandangan yang menyamakan manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap tidak tepat baik dilihat dari konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
·           MONEY (uang)
          Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar & alat pengukur nilai.
·           MATERIAL (bahan)
          Perusahaan umumnya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan tersebut, melainkan membeli dari pihak lain.
·           MACHINE (peralatan)
          Mesin mulai memegang peranan penting dalam proses produksi setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap sehingga banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin.
·           METHOD (cara kerja)
          Metode kerja sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien.
·           MARKET (pasar)
          Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti.
·           INFORMATION
          Informasi sangat dibutuhkan agar hasil dari suatu hal dikerjakan dapat lebih sempurna. Suatu proses pekerjaan tidak akan berkembang dengan baik jika tidak bisa menerima dan menyaring informasi dari luar.


D.     Administrasi Dan Pemasaran

Administrasi Pemasaran (Marketing) terdiri atas Organisasi, Tata usaha( Sistem Informasi), dan Management Marketing.
Administrasi Marketing dijalankan oleh Manager marketing atau Markeing Manager. 
Marketing membutuhkan tenaga ahli yang terdiri dari:
·           Sales Promotion
          Orang yang mengenalkan produk baru ke masyarakat.
·           Distribution
          Bidang keahlian dan kegiatan untuk mendekatkan barang-barang kita (commodities, merchandise ) sedekat-dekatnya dan  ditempatkan secara semenarik-menariknya kepada para warga masyarakat.
·           Sales
          Bidang keahlian dan kegiatan yang bertujuan pokok membuat proses, prosedur, atau tata cara jual beli begitu cepat, gampang, meyenangkan dan effisien sehingga orang-orang (pembeli) yang sebenarnya sudah mau membeli di tempat dan barang merk lain tanpa dirasa tahu-tahu pindah membeli barang dagangan kita.

E.      Komponen Perencanaan Usaha
1.      Konsep bisnis
Konsep bisnis merupakan ide bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. Konsep bisnis juga menjelaskan mengapa pelaku usaha menawarka produk atau jasannya.
2.      Pasar
Analisa mengenai situasi pasar meliputi target pasar, pesaing, proses distribusi, promosi, dan sebagainya. Dalam hal ini perlu dibuat sebuah rencana yang matang yang menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.

3.      Keuangan
Analisa dan strategi keuangan sangat penting dalam menyusun rencana bisnis guna memberikan gambaran sistematis terhadap langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.


anda ingin belajar materi-materi lain ? kunjungi link di bawah ini :

http://zipansion.com/1nwDC

http://zipansion.com/1nwKO

http://zipansion.com/1nwQr

http://zipansion.com/1nwTs


Komentar

  1. Ini adalah tulisan saya mohon untuk menyertakan link aslinya untuk download ...
    https://indri28.blogspot.co.id/2012/04/kumpulan-e-book-komputer-pemrograman.html
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, maka dari itu saya tidak hilangkan nama penyusunnya di atas..
      Nama ibu masih tercantum, sy cuma share sbg referensi saja..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

Lembar Kerja Perencanaan Usaha