KISI-KISI PENULISAN SOAL USP MAPEL BIOLOGI


 

KISI-KISI PENULISAN SOAL USP

MATA PELAJARAN  :       BIOLOGI                                                                                                          JUMLAH SOAL           :    30 PG

JENJANG                     :     SMA                                                                                                                ALOKASI WAKTU                       :    120 Menit

KURIKULUM             :    2013 PANDEMI                   TAHUN PELAJARAN              :    2021 - 2022

 

NO

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

MATERI POKOK

LEVEL KOGNITIF

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NO. SOAL

1.

3.1. Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja.

3.1.1.   Menjelaskan prinsip keselamatan kerja Laboratorium

Ruang Lingkup Biologi

L-1

Pengeta

huan

Disajikan gambar atau simbul bahan kimia, peserta didik dapat menjelaskan makna / arti  dari symbol/ gambar bahan kimia  tersebut.

PG

1

 

3.2. Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya.

3.2.1.   Menyimpulkan tingkat keanekaragaman gen

Keanekaragaman Hayati

L-2

Aplikasi

Disajikan gambar keanekaragaman tumbuhan atau hewan , peserta didik dapat menyimpulkan tingkat keanekaragaman hayati.

PG

2

2.

3.3. Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya.

3.3.1. Menyimpulkan penyebab hilangnya kenaekaragaman hayati

Keanekaragaman Hayati

L-2

Aplikasi

Disajikan fakta kerusakan organisme , peserta didik dapat menyimpulkan penyebab hilangnya kenaekaragaman hayati

PG

3

3.

3.4.   Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom.

3.4.1. Menjelaskan tingkat takson dari kelompok tumbuhan

Klasifikasi MH

L-1

Pengeta

huan

Disajikan gambar kelompok hewan, peserta didik dapat menjelaskan tingkat takson sesuai ciri ciri yang di miliki kelompok hewan tersebut

PG

4

 

 

3.4.2. Menjelaskan ciri-ciri kelas Insecta

Klasifikasi MH

L-1

Pengeta

huan

Disajikan ciri ciri hewan tertentu , peserta didik dapat menentukan  kelompok kelas Insecta

PG

5

4.

3.5.   Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan

3.5.1. Menganalisi cara replikasi virus

Cara replikasi Virus

L-2 (Hot )

Disajikan gambar replikasi virus , peserta didik dapat menyimpulkan cara replikasi  virus berdasar gambar

PG

6

 

3.5.      Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut.

3.5.2.     Menganalisi bentuk interaksi antar komponen

Bentuk Interaksi Dalam komponen Ekosistem

L-2

Aplikasi

Disajikan gambar jejaring makanan, peserta didik dapat menyimpulkan peran MH dalam jejaring  makanan tersebut.

PG

7

 

3.6.  Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan.

3.6.1  Menganalisis dampak perubahan lingkungan

Ekologi

L-2 (Hot )

Disajikan fakta kerusakan lingkungan , peserta didik dapat menyimpulkan dampak perubahan lingkungan

PG

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1. Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

3.1.1  Menjelaskan struktur sel dan fungsinya

Struktur SEL

L-1

Pengeta

huan

Disajikan tabel, peserta didik dapat menjelaskan struktur sel beserta fungsinya dengan tepat

PG

9

 

3.2. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan.

3.2.1. Menganalisis struktur berkas pengangkut dalam jaringan batang

Jaringan Tumbuhan

L-2

Aplikasi

Disajikan gambar berkas pengangkut, peserta didik dapat menentukan tipe berkas pengangkut dalam jarngan batang.

PG

10

 

3.3. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan.

3.3.1  Menganalisis fungsi ginjal

Jaringan Hewan

L-3

Penerapan

Disajikan data ciri-ciri penyakit, peserta didik dapat mendiagnosa kelainan / penyakit pada  ginjal.

PG

11

 

3.4. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia.

3.4.1  Memilah  hormone pertumbuhan pada tulang

Sistem Gerak

L-2

Disajikan tabel berbagai hormone, peserta didik dapat memilah hormone perutumbuhan tulang.

PG

12

 

3.5. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia.

3.5.1  Menganalisis bagian ruang jantung

Sistem Sirkulasi

L-2

Aplikasi

Disajikan gambar ruangan jantung, peserta didik dapat menyimpulkan aliran oksigen yang melalui rangan jantung.

PG

13

 

3.6. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia

3.6.1  Menyimpulkan fungsi bagin usus penyerapan

Sistem Pencernaan

L-2

Aplikasi

Disajiakan gambar usus penyerapan, peserta didik dapat mendiagnosa fungsi bagian dari usus penyerapan.

PG

14

 

3.7. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia.

3.7.1  Menganalisis gambar saluran pernafasan manusia

Sistem Pernafasan

L-2

Aplikasi

Disajikan gambar saluran pernafasan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bagian  alat  pernafasan .

PG

15

 

3.8. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia.

3.8.1  Menganalisis penyakit pada  system ekresi

Sistem Ekresi

L-2

Disajikan data hasil laboratorium. Peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan/penyakit pada sistem ekskresi

PG

16

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1. Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

3.1.1        Menentukan factor ekternal terhadap pertumbuhan tanaman

Pertumbuhan Tanaman

L-1

Disajikan tabel hasil pengamatan, peserta didik dapat menentukan pengaruh faktor ekternal terhadap pertumbuhan tanaman.

PG

17

 

 

 

 

3.2. Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup.

3.2.1. Menjelaskan hasil proses potosintesis

Metabolisme

L-2

Disajikan gambar tentang fotosintesis. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses yang terjadi dalam fotosintesis

PG

18

 

 

3.2.2. Menjelaskan proses katabolisme

Metabolisme

­L-1

Disajikan data tentang katabolisme. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses katabolisme

PG

19

 

3.3. Menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup.

3.3.1. Menganalisis struktur DNA

Struktur DNA

L-2

Disajikan gambar struktur DNA. Peserta didik dapat menyebutkan struktur yang terdapat pada DNA tersebut

PG

20

 

 

3.3.2. Menganalisis proses sintesis protein

Sintesis Protein

L-2

Disajikan diagram sintesis protein. Peserta didik dapat menentukan proses sintesis protein yang terjadi

PG

21

 

3.4. Menganalisis proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya.

3.4.1. Menganalisis proses pembelahan mitosis sel

Pembelahan sel

L-2

Disajikan gambar pembelahan sel.  Peserta didik dapat menyimpulkan tahap pembelahan sel

PG

22

 

3.5. Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum Mendel.

3.5.1. Menyimpulkan jenis peristiwa mutase pada hukum mendel

Hukum Mendel

L-2

Disajikan gambar tentang peristiwa mutasi, Peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan gambar

PG

23

 

3.6. Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia.

3.6.1. Menganalisis rasio fenotif dari  proses perilangan

Pola pola hereditas

L-2

Disajikan data persilangan, pada penyakit menurun peserta didik dapat menentukan rasio fenotip hasil keturunan dari persilangan tersebut

PG

24

 

 

3.6.2. Menganalisis penyakit genetik pada manusia

Pola pola hereditas

L-2

Disajikan data penyakit menurun, peserta didik dapat menyimpulkan jensi penyakit menurun pada manusia

PG

25

 

3.7. Menganalisis peristiwa mutasi pada makhluk hidup

3.7.1. Menganalisis kelainan akibat mutasi

Mutasi

L-2

Disajikan ciri-ciri kelainan pada tubuh, peserta didik dapat menyimpulkan kelainan manusia akibat mutasi

PG

26

 

 

3.7.2. Menentukan peristiwa akibat mutase

Mutasi

L-2

Disajikan gambar mutai kromosom, peserta didik dapat menentukan akibat mutasi kromosom

PG

27

 

3.8. Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi.

3.8.1. Menjelaskan bukti petunjuk adanya evolusi

Evolusi

L-1

Disajikan konsep evolusi. Peserta didik mampu menjelaskan  tentang bukti/petunjuk evolusi

PG

28

 

 

3.8.2. Menjelaskan perbedaan teori Evolusi

Evolusi

L-1

Disajikan konsep tentang evolusi. Peserta didik dapat membedakan prinsip  teori  Lamarck dan Darwin

PG

29

 

3.9. Menganalisis prinsip-prinsip Bioteknologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia.

3.9.1. Mengidentifikasi peran mikroorganisme dalam bioteknologi

Bioteknologi

L-2

Berdasarkan tabel  mikroorganisme dan peranannya. Peserta didik mampu mengkaitkan  antara jenis  mikrooragnsime dengan  perananya dalam  bioteknologi

PG

30

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Share this:

 
Copyright © Praktik Baik Guru Inspiratif . Designed by OddThemes