KISI-KISI PENULISAN SOAL
USP
MATA
PELAJARAN : BIOLOGI JUMLAH SOAL : 30 PG
JENJANG
: SMA ALOKASI WAKTU : 120 Menit
KURIKULUM
: 2013 PANDEMI TAHUN PELAJARAN : 2021 - 2022
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI |
MATERI
POKOK |
LEVEL
KOGNITIF |
INDIKATOR
SOAL |
BENTUK
SOAL |
NO.
SOAL |
1. |
3.1. Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai
obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode
ilmiah dan prinsip keselamatan kerja. |
3.1.1. Menjelaskan
prinsip keselamatan kerja Laboratorium |
Ruang Lingkup Biologi |
L-1 Pengeta huan |
Disajikan gambar atau simbul bahan kimia, peserta didik dapat
menjelaskan makna / arti dari symbol/
gambar bahan kimia tersebut. |
PG |
1 |
|
3.2. Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia
beserta ancaman dan pelestariannya. |
3.2.1. Menyimpulkan
tingkat keanekaragaman gen |
Keanekaragaman Hayati |
L-2 Aplikasi |
Disajikan gambar keanekaragaman tumbuhan atau hewan , peserta didik
dapat menyimpulkan tingkat keanekaragaman hayati. |
PG |
2 |
2. |
3.3. Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia
beserta ancaman dan pelestariannya. |
3.3.1. Menyimpulkan
penyebab hilangnya kenaekaragaman hayati |
Keanekaragaman Hayati |
L-2 Aplikasi |
Disajikan fakta kerusakan organisme , peserta didik dapat menyimpulkan
penyebab hilangnya kenaekaragaman hayati |
PG |
3 |
3. |
3.4. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima
kingdom. |
3.4.1. Menjelaskan
tingkat takson dari kelompok tumbuhan |
Klasifikasi MH |
L-1 Pengeta huan |
Disajikan gambar kelompok hewan, peserta
didik dapat menjelaskan tingkat takson sesuai ciri ciri yang di miliki
kelompok hewan tersebut |
PG |
4 |
|
|
3.4.2. Menjelaskan
ciri-ciri kelas Insecta |
Klasifikasi MH |
L-1 Pengeta huan |
Disajikan ciri ciri hewan tertentu ,
peserta didik dapat menentukan kelompok
kelas Insecta |
PG |
5 |
4. |
3.5. Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan |
3.5.1. Menganalisi
cara replikasi virus |
Cara replikasi Virus |
L-2 (Hot ) |
Disajikan gambar replikasi virus , peserta didik dapat menyimpulkan
cara replikasi virus berdasar gambar |
PG |
6 |
|
3.5. Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar
komponen tersebut. |
3.5.2. Menganalisi
bentuk interaksi antar komponen |
Bentuk Interaksi Dalam komponen Ekosistem |
L-2 Aplikasi |
Disajikan gambar jejaring makanan, peserta didik dapat menyimpulkan
peran MH dalam jejaring makanan
tersebut. |
PG |
7 |
|
3.6.
Menganalisis data perubahan
lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan. |
3.6.1 Menganalisis
dampak perubahan lingkungan |
Ekologi |
L-2 (Hot ) |
Disajikan fakta
kerusakan lingkungan , peserta didik dapat menyimpulkan dampak perubahan
lingkungan |
PG |
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1. Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan
proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan. |
3.1.1 Menjelaskan
struktur sel dan fungsinya |
Struktur SEL |
L-1 Pengeta huan |
Disajikan tabel,
peserta didik dapat menjelaskan struktur sel beserta fungsinya dengan tepat |
PG |
9 |
|
3.2. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan
tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan. |
3.2.1. Menganalisis
struktur berkas pengangkut dalam jaringan batang |
Jaringan
Tumbuhan |
L-2 Aplikasi |
Disajikan gambar
berkas pengangkut, peserta didik dapat menentukan tipe berkas pengangkut
dalam jarngan batang. |
PG |
10 |
|
3.3. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan
dengan fungsi organ pada hewan. |
3.3.1
Menganalisis fungsi ginjal |
Jaringan Hewan |
L-3 Penerapan |
Disajikan data ciri-ciri penyakit, peserta didik dapat mendiagnosa kelainan
/ penyakit pada ginjal. |
PG |
11 |
|
3.4. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada sistem gerak manusia. |
3.4.1 Memilah hormone pertumbuhan pada tulang |
Sistem Gerak |
L-2 |
Disajikan tabel berbagai hormone, peserta didik dapat memilah hormone
perutumbuhan tulang. |
PG |
12 |
|
3.5. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang
dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia. |
3.5.1 Menganalisis
bagian ruang jantung |
Sistem Sirkulasi |
L-2 Aplikasi |
Disajikan gambar ruangan jantung, peserta didik dapat menyimpulkan
aliran oksigen yang melalui rangan jantung. |
PG |
13 |
|
3.6. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan
fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia |
3.6.1 Menyimpulkan
fungsi bagin usus penyerapan |
Sistem
Pencernaan |
L-2 Aplikasi |
Disajiakan gambar usus penyerapan,
peserta didik dapat mendiagnosa fungsi bagian dari usus penyerapan. |
PG |
14 |
|
3.7. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang
dapat terjadi pada sistem respirasi manusia. |
3.7.1 Menganalisis
gambar saluran pernafasan manusia |
Sistem
Pernafasan |
L-2 Aplikasi |
Disajikan gambar
saluran pernafasan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bagian alat
pernafasan . |
PG |
15 |
|
3.8. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang
dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia. |
3.8.1
Menganalisis penyakit pada system ekresi |
Sistem Ekresi |
L-2 |
Disajikan data hasil laboratorium. Peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan/penyakit pada sistem ekskresi |
PG |
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1. Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. |
3.1.1
Menentukan factor ekternal terhadap
pertumbuhan tanaman |
Pertumbuhan Tanaman |
L-1 |
Disajikan tabel hasil pengamatan, peserta didik dapat menentukan
pengaruh faktor ekternal terhadap pertumbuhan tanaman. |
PG |
17 |
|
3.2. Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam
makhluk hidup. |
3.2.1. Menjelaskan
hasil proses potosintesis |
Metabolisme |
L-2 |
Disajikan gambar
tentang fotosintesis. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses yang terjadi dalam fotosintesis |
PG |
18 |
|
|
3.2.2. Menjelaskan
proses katabolisme |
Metabolisme |
L-1 |
Disajikan data tentang katabolisme. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses
katabolisme |
PG |
19 |
|
3.3. Menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam
penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup. |
3.3.1. Menganalisis
struktur DNA |
Struktur DNA |
L-2 |
Disajikan gambar struktur DNA. Peserta didik dapat menyebutkan struktur yang terdapat pada DNA tersebut |
PG |
20 |
|
|
3.3.2. Menganalisis
proses sintesis protein |
Sintesis Protein |
L-2 |
Disajikan diagram sintesis protein. Peserta didik
dapat menentukan proses sintesis protein yang terjadi |
PG |
21 |
|
3.4. Menganalisis proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat
dari induk kepada keturunannya. |
3.4.1. Menganalisis
proses pembelahan mitosis sel |
Pembelahan sel |
L-2 |
Disajikan gambar pembelahan sel. Peserta didik dapat menyimpulkan tahap pembelahan sel |
PG |
22 |
|
3.5. Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum
Mendel. |
3.5.1. Menyimpulkan
jenis peristiwa mutase pada hukum mendel |
Hukum Mendel |
L-2 |
Disajikan gambar tentang peristiwa mutasi,
Peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan
gambar |
PG |
23 |
|
3.6. Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia. |
3.6.1. Menganalisis
rasio fenotif dari proses perilangan |
Pola pola
hereditas |
L-2 |
Disajikan data
persilangan, pada penyakit menurun peserta didik dapat menentukan rasio
fenotip hasil keturunan dari persilangan tersebut |
PG |
24 |
|
|
3.6.2. Menganalisis
penyakit genetik pada manusia |
Pola pola
hereditas |
L-2 |
Disajikan data
penyakit menurun, peserta didik dapat menyimpulkan jensi penyakit menurun
pada manusia |
PG |
25 |
|
3.7. Menganalisis peristiwa mutasi pada makhluk hidup |
3.7.1. Menganalisis
kelainan akibat mutasi |
Mutasi |
L-2 |
Disajikan ciri-ciri
kelainan pada tubuh, peserta didik dapat menyimpulkan kelainan manusia akibat
mutasi |
PG |
26 |
|
|
3.7.2. Menentukan
peristiwa akibat mutase |
Mutasi |
L-2 |
Disajikan gambar
mutai kromosom, peserta didik dapat menentukan akibat mutasi kromosom |
PG |
27 |
|
3.8. Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan
terkini para ahli terkait spesiasi. |
3.8.1. Menjelaskan
bukti petunjuk adanya evolusi |
Evolusi |
L-1 |
Disajikan konsep evolusi. Peserta didik mampu menjelaskan
tentang bukti/petunjuk evolusi |
PG |
28 |
|
|
3.8.2. Menjelaskan
perbedaan teori Evolusi |
Evolusi |
L-1 |
Disajikan konsep tentang evolusi. Peserta didik dapat membedakan prinsip teori Lamarck dan
Darwin |
PG |
29 |
|
3.9. Menganalisis prinsip-prinsip Bioteknologi dan penerapannya sebagai
upaya peningkatan kesejahteraan manusia. |
3.9.1. Mengidentifikasi peran mikroorganisme dalam bioteknologi |
Bioteknologi |
L-2 |
Berdasarkan tabel mikroorganisme dan peranannya. Peserta didik mampu mengkaitkan antara jenis
mikrooragnsime dengan perananya dalam bioteknologi |
PG |
30 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Posting Komentar