KISI-KISI PENULISAN SOAL
USP 
MATA
PELAJARAN  :       BIOLOGI                                                                                                          JUMLAH SOAL           :    30 PG
JENJANG
                    :     SMA                                                                                                                ALOKASI WAKTU                       :    120 Menit
KURIKULUM
            :    2013 PANDEMI                   TAHUN PELAJARAN              :    2021 - 2022
| NO | KOMPETENSI
   DASAR | INDIKATOR
   PENCAPAIAN KOMPETENSI  | MATERI
   POKOK | LEVEL
   KOGNITIF | INDIKATOR
   SOAL  | BENTUK
   SOAL | NO.
   SOAL | 
| 1. | 3.1. Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai
  obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode
  ilmiah dan prinsip keselamatan kerja. | 3.1.1.   Menjelaskan
  prinsip keselamatan kerja Laboratorium | Ruang Lingkup Biologi | L-1 Pengeta huan | Disajikan gambar atau simbul bahan kimia, peserta didik dapat
  menjelaskan makna / arti  dari symbol/
  gambar bahan kimia  tersebut. | PG | 1 | 
|  | 3.2. Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia
  beserta ancaman dan pelestariannya. | 3.2.1.   Menyimpulkan
  tingkat keanekaragaman gen | Keanekaragaman Hayati | L-2 Aplikasi | Disajikan gambar keanekaragaman tumbuhan atau hewan , peserta didik
  dapat menyimpulkan tingkat keanekaragaman hayati. | PG | 2 | 
| 2. | 3.3. Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia
  beserta ancaman dan pelestariannya. | 3.3.1. Menyimpulkan
  penyebab hilangnya kenaekaragaman hayati | Keanekaragaman Hayati | L-2 Aplikasi | Disajikan fakta kerusakan organisme , peserta didik dapat menyimpulkan
  penyebab hilangnya kenaekaragaman hayati | PG | 3 | 
| 3. | 3.4.   Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima
  kingdom. | 3.4.1. Menjelaskan
  tingkat takson dari kelompok tumbuhan | Klasifikasi MH | L-1 Pengeta huan | Disajikan gambar kelompok hewan, peserta
  didik dapat menjelaskan tingkat takson sesuai ciri ciri yang di miliki
  kelompok hewan tersebut | PG | 4 | 
|  |  | 3.4.2. Menjelaskan
  ciri-ciri kelas Insecta | Klasifikasi MH | L-1 Pengeta huan | Disajikan ciri ciri hewan tertentu ,
  peserta didik dapat menentukan  kelompok
  kelas Insecta | PG | 5 | 
| 4. | 3.5.   Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan | 3.5.1. Menganalisi
  cara replikasi virus | Cara replikasi Virus | L-2 (Hot ) | Disajikan gambar replikasi virus , peserta didik dapat menyimpulkan
  cara replikasi  virus berdasar gambar | PG | 6 | 
|  | 3.5.      Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar
  komponen tersebut. | 3.5.2.     Menganalisi
  bentuk interaksi antar komponen | Bentuk Interaksi Dalam komponen Ekosistem | L-2 Aplikasi | Disajikan gambar jejaring makanan, peserta didik dapat menyimpulkan
  peran MH dalam jejaring  makanan
  tersebut. | PG | 7 | 
|  | 3.6. 
  Menganalisis data perubahan
  lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan. | 3.6.1  Menganalisis
  dampak perubahan lingkungan | Ekologi | L-2 (Hot ) | Disajikan fakta
  kerusakan lingkungan , peserta didik dapat menyimpulkan dampak perubahan
  lingkungan  | PG | 8 | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  | 3.1. Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan
  proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan. | 3.1.1  Menjelaskan
  struktur sel dan fungsinya | Struktur SEL | L-1 Pengeta huan | Disajikan tabel,
  peserta didik dapat menjelaskan struktur sel beserta fungsinya dengan tepat | PG | 9 | 
|  | 3.2. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan
  tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan. | 3.2.1. Menganalisis
  struktur berkas pengangkut dalam jaringan batang | Jaringan
  Tumbuhan | L-2 Aplikasi | Disajikan gambar
  berkas pengangkut, peserta didik dapat menentukan tipe berkas pengangkut
  dalam jarngan batang. | PG | 10 | 
|  | 3.3. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan
  dengan fungsi organ pada hewan. | 3.3.1 
  Menganalisis fungsi ginjal  | Jaringan Hewan | L-3 Penerapan | Disajikan data ciri-ciri penyakit, peserta didik dapat mendiagnosa kelainan
  / penyakit pada  ginjal. | PG | 11 | 
|  | 3.4. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
  sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat
  terjadi pada sistem gerak manusia. | 3.4.1  Memilah  hormone pertumbuhan pada tulang | Sistem Gerak  | L-2 | Disajikan tabel berbagai hormone, peserta didik dapat memilah hormone
  perutumbuhan tulang. | PG | 12 | 
|  | 3.5. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
  sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang
  dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia. | 3.5.1  Menganalisis
  bagian ruang jantung | Sistem Sirkulasi | L-2 Aplikasi | Disajikan gambar ruangan jantung, peserta didik dapat menyimpulkan
  aliran oksigen yang melalui rangan jantung. | PG | 13 | 
|  | 3.6. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
  sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan
  fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia | 3.6.1  Menyimpulkan
  fungsi bagin usus penyerapan | Sistem
  Pencernaan  | L-2 Aplikasi | Disajiakan gambar usus penyerapan,
  peserta didik dapat mendiagnosa fungsi bagian dari usus penyerapan. | PG | 14 | 
|  | 3.7. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
  sistem respirasi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang
  dapat terjadi pada sistem respirasi manusia. | 3.7.1  Menganalisis
  gambar saluran pernafasan manusia | Sistem
  Pernafasan | L-2 Aplikasi | Disajikan gambar
  saluran pernafasan, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bagian  alat 
  pernafasan . | PG | 15 | 
|  | 3.8. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada
  sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang
  dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia. | 3.8.1 
  Menganalisis penyakit pada  system ekresi | Sistem Ekresi | L-2 | Disajikan data hasil laboratorium. Peserta didik mampu mengidentifikasi kelainan/penyakit pada sistem ekskresi | PG | 16 | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
|  | 3.1. Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap
  pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. | 3.1.1       
  Menentukan factor ekternal terhadap
  pertumbuhan tanaman | Pertumbuhan Tanaman | L-1 | Disajikan tabel hasil pengamatan, peserta didik dapat menentukan
  pengaruh faktor ekternal terhadap pertumbuhan tanaman. | PG | 17  | 
|  | 3.2. Menjelaskan proses metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam
  makhluk hidup. | 3.2.1. Menjelaskan
  hasil proses potosintesis | Metabolisme  | L-2 | Disajikan gambar
  tentang fotosintesis. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses yang terjadi dalam fotosintesis | PG | 18 | 
|  |  | 3.2.2. Menjelaskan
  proses katabolisme | Metabolisme | L-1 | Disajikan data tentang katabolisme. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses
  katabolisme | PG | 19 | 
|  | 3.3. Menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam
  penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup. | 3.3.1. Menganalisis
  struktur DNA | Struktur DNA | L-2 | Disajikan gambar struktur DNA. Peserta didik dapat menyebutkan struktur yang terdapat pada DNA tersebut | PG | 20 | 
|  |  | 3.3.2. Menganalisis
  proses sintesis protein | Sintesis Protein | L-2 | Disajikan diagram sintesis protein. Peserta didik
  dapat menentukan proses sintesis protein yang terjadi | PG | 21 | 
|  | 3.4. Menganalisis proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat
  dari induk kepada keturunannya. | 3.4.1. Menganalisis
  proses pembelahan mitosis sel | Pembelahan sel | L-2 | Disajikan gambar pembelahan sel.  Peserta didik dapat menyimpulkan tahap pembelahan sel | PG | 22 | 
|  | 3.5. Menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum
  Mendel. | 3.5.1. Menyimpulkan
  jenis peristiwa mutase pada hukum mendel | Hukum Mendel | L-2 | Disajikan gambar tentang peristiwa mutasi,
  Peserta didik dapat menyimpulkan peristiwa mutasi yang terjadi berdasarkan
  gambar | PG | 23 | 
|  | 3.6. Menganalisis pola-pola hereditas pada manusia. | 3.6.1. Menganalisis
  rasio fenotif dari  proses perilangan  | Pola pola
  hereditas | L-2 | Disajikan data
  persilangan, pada penyakit menurun peserta didik dapat menentukan rasio
  fenotip hasil keturunan dari persilangan tersebut | PG | 24 | 
|  |  | 3.6.2. Menganalisis
  penyakit genetik pada manusia | Pola pola
  hereditas | L-2 | Disajikan data
  penyakit menurun, peserta didik dapat menyimpulkan jensi penyakit menurun
  pada manusia | PG | 25 | 
|  | 3.7. Menganalisis peristiwa mutasi pada makhluk hidup | 3.7.1. Menganalisis
  kelainan akibat mutasi | Mutasi | L-2 | Disajikan ciri-ciri
  kelainan pada tubuh, peserta didik dapat menyimpulkan kelainan manusia akibat
  mutasi | PG | 26 | 
|  |  | 3.7.2. Menentukan
  peristiwa akibat mutase  | Mutasi | L-2 | Disajikan gambar
  mutai kromosom, peserta didik dapat menentukan akibat mutasi kromosom | PG | 27 | 
|  | 3.8. Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan
  terkini para ahli terkait spesiasi. | 3.8.1. Menjelaskan
  bukti petunjuk adanya evolusi | Evolusi | L-1 | Disajikan konsep evolusi. Peserta didik mampu menjelaskan
   tentang bukti/petunjuk evolusi | PG | 28 | 
|  |  | 3.8.2. Menjelaskan
  perbedaan teori Evolusi | Evolusi | L-1 | Disajikan konsep tentang evolusi. Peserta didik dapat membedakan prinsip  teori  Lamarck dan
  Darwin | PG | 29 | 
|  | 3.9. Menganalisis prinsip-prinsip Bioteknologi dan penerapannya sebagai
  upaya peningkatan kesejahteraan manusia. | 3.9.1. Mengidentifikasi peran mikroorganisme dalam bioteknologi | Bioteknologi | L-2 | Berdasarkan tabel  mikroorganisme dan peranannya. Peserta didik mampu mengkaitkan  antara jenis 
  mikrooragnsime dengan  perananya dalam  bioteknologi | PG | 30 | 
|  |  |  |  |  |  |  |  | 
Posting Komentar