MODUL PKWU KERAJINAN
KELAS XI SEMESTER
GANJIL
Disusun oleh : Indriani Tri Kusuma Wardhani, S.Kom
SKL : Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah
Berbentuk Bangun Datar
Kompetensi
Dasar
3.1 Memahami perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun
datar (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi
dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah
lingkungan hidup) meliputi ide, peluang
usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
Lingkup Materi
· Ide Dan Peluang Usaha
· Analisa Peluang Usaha
· Sumber Daya Yang Di Butuhkan
· Administrasi Dan Pemasaran
· Komponen Perencanaan Usaha
· Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha
A. Ide dan Peluang Usaha
Ide bisnis didapat dari inspirasi, inspirasi didapat dari
kesulitan yang datang bertubi-tubi, dimana banyak orang yang mungkin tidak
mendapatkan solusi untuk pemecahannya namun sebaliknya akan menyebabkan peluang
bagi orang yang bisa membaca situasi tersebut sebagai peluang bisnis atau
peluang usaha. Peluang usaha yang dimaksud adalah peluang usaha yang prospektif
sehingga bisnis yang dijalankan dapat menjadi sebuah industri.
Ada 3 teori yang bisa digunakan untuk mendapatkan peluang ;
a.
Teori Ketidaksempurnaan
Berasal dari ketidakpuasan melihat
hal-hal yang sudah mapan sehingga akan mendorong untuk mencoba ide baru, tidak
ada kata puas karena merasa belum sempurna. Rasa puas yang didapat akan
menghentikan proses perubahan, pertumbuhan dan perkembangan.
b.
Teori Berpikir Kreatif
Berawal dari posisi yang berbeda yang
menyebabkan pandangan orang terhadap sesuatu pun menjadi berbeda sehingga
muncul perbedaan pikiran. Perbedaan pikiran yang tidak mengikuti pola pikir
atau kebiasaan yang rutin akan menyebabkan seseorang ingin selalu bekerja keras
dan tidak mudah puas.
Selalu bertanya mengapa dan berpikir
tidak ada yang tidak mungkin, tidak mau sebagai subyek namun sebagai obyek.
Pengetahuan 1 %, Imagination 99%.
c.
Teori Inovasi
Menjadikan hal yang tidak mungkin
menjadi mungkin, memiirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang bertujuan untuk
menambah atau menciptakan nilai manfaat dari benda yang sudah ada.
B. Analisa Peluang Usaha
a. Analisa
kebutuhan pasar
Anda memiliki konsep(rencana), namun
sebelum memulai konsep tersebut, Anda harus tahu apakah konsep Anda memenuhi
syarat kebutuhan pasar. Contoh konsep jasa pengetikan, target pelajar,
mahasiswa.
b. Analisa
kebutuhan materi
Jika konsep usaha Anda sudah tepat
dengan kebutuhan pasar. Apakah Materi dari usaha Anda dapat diperoleh dengan
mudah, mencakup bahan baku, tempat, harga, dll.
c. Analisa
keberlanjutan usaha
Syarat a dan b sudah terpenuhi, namun Anda
harus merancang dan memperkirakan apakah ke depan usaha yang kita jalankan akan
berjalan dengan lancar atau perlu inovasi.
d.
Analisa persaingan
Setiap usaha tidak lepas dari
persaingan sehingga dengan adanya persaingan kita dapat menentukan harga jual,
menentukan fasilitas dan pelayanan, menambahkan inovasi baru dalam usaha.
e.
Analisa pendapatan dan pengembangan
Setiap usaha tentunya yang ingin
dituju adalah pendapatan. Sehingga harus diperkirakan BEP yang akan didapat
pada pendapatan ke berapa.
f.
Analisa pengembangan usaha.
C. Sumber Daya Yang Dibutuhkan Untuk Melakukan
Kegiatan Produksi
Pengelolaan
sumber daya usaha dikenal dengan istilah 6M + 1I, yakni Man
(manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan),
Method (cara kerja) dan Market (pasar).
·
MAN (manusia)
Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya
manusia adalah salah satu faktor produksi selain tanah, modal, dan
keterampilan. Pandangan yang menyamakan manusia dengan faktor-faktor produksi
lainnya dianggap tidak tepat baik dilihat dari konsepsi, filsafat, maupun
moral. Manusia merupakan unsur manajemen yang penting dalam mencapai tujuan
perusahaan.
·
MONEY (uang)
Money
atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan
alat tukar & alat pengukur nilai.
·
MATERIAL (bahan)
Perusahaan umumnya tidak menghasilkan
sendiri bahan mentah yang dibutuhkan tersebut, melainkan membeli dari pihak
lain.
·
MACHINE (peralatan)
Mesin mulai memegang peranan penting
dalam proses produksi setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya
mesin uap sehingga banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin.
·
METHOD (cara kerja)
Metode kerja sangat dibutuhkan agar
mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien.
·
MARKET (pasar)
Memasarkan produk sudah barang tentu
sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses
produksi barang akan berhenti.
·
INFORMATION
Informasi sangat dibutuhkan agar hasil
dari suatu hal dikerjakan dapat lebih sempurna. Suatu proses pekerjaan tidak
akan berkembang dengan baik jika tidak bisa menerima dan menyaring informasi
dari luar.
D. Administrasi Dan Pemasaran
Administrasi
Pemasaran (Marketing) terdiri atas Organisasi,
Tata usaha( Sistem Informasi), dan Management Marketing.
Administrasi
Marketing dijalankan oleh Manager marketing atau Markeing Manager.
Marketing membutuhkan
tenaga ahli yang terdiri dari:
·
Sales Promotion
Orang yang mengenalkan produk baru ke
masyarakat.
·
Distribution
Bidang keahlian dan kegiatan untuk
mendekatkan barang-barang kita (commodities, merchandise ) sedekat-dekatnya dan
ditempatkan secara
semenarik-menariknya kepada para warga masyarakat.
·
Sales
Bidang keahlian dan kegiatan yang
bertujuan pokok membuat proses, prosedur, atau tata cara jual beli begitu
cepat, gampang, meyenangkan dan effisien sehingga orang-orang (pembeli) yang
sebenarnya sudah mau membeli di tempat dan barang merk lain tanpa dirasa
tahu-tahu pindah membeli barang dagangan kita.
E. Komponen Perencanaan Usaha
1. Konsep bisnis
Konsep bisnis merupakan ide bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. Konsep bisnis juga menjelaskan mengapa pelaku usaha menawarka produk atau jasannya.
Konsep bisnis merupakan ide bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. Konsep bisnis juga menjelaskan mengapa pelaku usaha menawarka produk atau jasannya.
2. Pasar
Analisa mengenai situasi pasar meliputi target pasar, pesaing, proses distribusi, promosi, dan sebagainya. Dalam hal ini perlu dibuat sebuah rencana yang matang yang menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.
Analisa mengenai situasi pasar meliputi target pasar, pesaing, proses distribusi, promosi, dan sebagainya. Dalam hal ini perlu dibuat sebuah rencana yang matang yang menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.
3. Keuangan
Analisa dan strategi keuangan sangat penting dalam menyusun rencana bisnis guna memberikan gambaran sistematis terhadap langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.
anda ingin belajar materi-materi lain ? kunjungi link di bawah ini :
http://zipansion.com/1nwDC
http://zipansion.com/1nwKO
http://zipansion.com/1nwQr
http://zipansion.com/1nwTs
Analisa dan strategi keuangan sangat penting dalam menyusun rencana bisnis guna memberikan gambaran sistematis terhadap langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.
anda ingin belajar materi-materi lain ? kunjungi link di bawah ini :
http://zipansion.com/1nwDC
http://zipansion.com/1nwKO
http://zipansion.com/1nwQr
http://zipansion.com/1nwTs
Ini adalah tulisan saya mohon untuk menyertakan link aslinya untuk download ...
https://indri28.blogspot.co.id/2012/04/kumpulan-e-book-komputer-pemrograman.html
Makasih
Iya bu, maka dari itu saya tidak hilangkan nama penyusunnya di atas..
Nama ibu masih tercantum, sy cuma share sbg referensi saja..
Posting Komentar